Rabu, 18 Februari 2009

Sablon

Saat ini banyak cara orang untuk mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhannya. Terkadang mereka berpikir untuk memperoleh penghasilan dengan bekerja tanpa membutuhkan banyak biaya dan tenaga, bahkan dengan kemampuan minim yang ada pada diri mereka sendiri.


Disini saya berikan pengalaman saya yang sudah saya alami. Awalnya saya ingin mengisi hari-hari saya dengan kesibukan agar otak dan badan saya tidak menjadi sia-sia seiring berjalannya waktu.


Saya coba membuka usaha sablon yang cara-caranya sampai pemasarannya saya dapatkan dari teman. Biaya yang saya keluarkan pun tidak begitu banyak dan cara teknis penyablonanpun hanya membutuhkan kebiasaan tanpa ada keahlian khusus ataupun keterampilan yang sangat bagus.


Berikut saya tuliskan proses sablon berdasarkan pengalaman saya.


- Alat :

1. Screen

untuk sablon kaos gunakan 61T, 60T, 90T

untuk sablon kertas dan plastik gunakan 180T
2. Rakel

rakel juga dibedakan untuk kaos dan kertas/plastik

3. Film

kita harus setting obyek yang akan kita sablon

4. Meja khusus yang dibuat untuk sablon

meja ini bisa kita buat sendiri yang fungsinya untuk penyanggah screen waktu kita nyablon kertas.

5. Kipas angin / hair dryer


- Bahan
1. Cat (untuk kertas, plastik dan kain)

2. Potoxol atau Ulanu

3. M3 (untuk kertas), M4 (untuk plastik), air (untuk kain)

4. Kain bekas (untuk serbet waktu kita nyablon kertas atau plastik)


Proses Afdruk :

1. Kita siapkan film yang sudah kita setting pada kertas kalkir.

2. Kita siapkan potoxol, masukkan sedikit potoxol pada mangkok kecil atau wadah seperti sisa lem kertas dan campurkan dengan cairan warna merah (saya sebut di sini sebagai obat potoxol)

3. Kita oleskan potoxol yang sudah bercampur rata dengan obat, oleskan pada screen, ratakan dengan menggunakan plat atom/plastik atau menggunakan sisa kartu perdana HP.

4. Kita keringkan screen yang sudah diolesi potoxol dengan menggunakan kipas angin/hair dryer, sebagai catatan : dalam proses ini usahakan di dalam tempat yang sedikit cahaya matahari langsung, atau dalam ruangan yang sedikit cahaya.

5. Setelah kering, kita siram dengan air sampai bekas tulisan pada film muncul dan tembus air, atau bisa kita gunakan semprotan air untuk menembus tulisan tersebut.

6. Kita keringkan di bawah sinar matahari, atau bisa kita gunakan kipaas angin/hair dryer.


Proses Sablon :

1. Kita siapkan media (kertas/kain/plastik) untuk kita sablon.

2. Masukkan cat sesuai jenisnya (kertas/kain/plastik) dan campurkan minyak (dalam hal ini M3/M4/air) secukupnya (jangan terlalu encer dan jangan pula terlalu kental.

3. Jika cat dan media sudap siap, tinggal gosok (saput) menggunakan rakel.

4. Ambil hasil sablonan dan keringkan (anginkan) selama 5 menit/secukupnya sampai cat pada media kering.

5. Proses sablon sudah selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

 
SERIBU KAWAN